Jumat, 07 Januari 2011

Kegiatan sosial membantu korban bencana alam di Gunung Merapi, Jogja.


            Becana alam adalah suatu keadaan alam yang bersifat negatif, membuat makhluk yang hidup disekitarnya seperti manusia, hewan, tumbuhan mengalami kesusahan mencari bahan pangan untuk melanjutkan hidup. Bencana alam paling berat dirasakan oleh manusia, contohnya korban dari letusan Gunung Merapi, Jogja. Mereka yang sebagian pekerjaannya adalah sebagai petani salak mengalami kerugian yang sangat besar, selain kerugian harta mereka juga mengalami kerugian secara batin seperti, kehilangan dari salah seorang keluarga, kerabat, teman.
            Manusia sebagai makhluk sosial, harus dapat membantu saudara-saudaranya dalam menghadapi kesulitan. Membantu dengan cara mengadakan kegiatan sosial dalam mengumpulkan dana, bahan pangan, sandang, papan dan terutama yang dibutuhkan oleh para korban adalah dukungan moral agar mereka dapat bangkit dari keadaan mereka. Banyak dari para korban ini mengalami depresi sehingga harus ditangani lebih lanjut.
            Di Jogja yang dikatakan Kota Pendidikan selalu tenang, tak ada keributan tapi beberapa bulan lalu dilanda dengan bencana yang sangat dahsyat, sangat membuat pilu negeri ini. Belum begitu pulih akan gempa dahsyat beberapa tahun lalu Jogja harus mengalami hal pahit dengan kenaikan aktivitas dari Gunung Merapi yang sempat bererupsi dan membuat beberapa wilayah Jogja menjadi luluh lantak. Warga Jogja berhamburan kesana kemari, jarak aman ditingkatkan awalnya 10KM menjadi 15KM akibat erupsi gunung merapi.
            Warga jogja, mengungsi ke berbagai tempat ada yang di stadion UNY (Universitas Negeri Jogja) dengan jumlah pengungsi yang paling banyak. Seluruh warga mengalami kekurangan bahan pangan, banyak dari merekan mengeluhkan sanitasi air, tempat istirahat bagi balita,  dan juga pakaian yang harus diganti. Seluruh warga jogja ini sangat membutuhkan bantuan dan jalinan tangan serta kasih dari kita yang mampu.
            Seluruh warga Indonesia hampir seluruhnya berkontribusi untuk membantu warga jogja yang terkena bencana merapi baik berupa uang, pakaian, bahan makanan, ataupun moril. Banyak stasiun televisi, organisasi, sekolah, warga masyarakat mengumpulkan bantuan melalui iklan di televisi, dari rumah ke rumah, hingga di jalan-jalan. Walaupun setiap penyumbang pemberiannya tidak selelu besar tetapi yang diharapkan adalah kontribusi serta keikhlasan dalam menolong. Dengan semua kontribusi ini diharapkan warga jogja dapat terbantu seluruh bebannya. Serta kita yang menolong dapat mengerti arti dari tolong menolong antar makhluk ciptaan Tuhan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar