Selasa, 05 Juni 2012

Kelompok Dalam Organisasi

Kelompok Dalam organisasi
A. Definisi Kelompok
Kelompok itu adalah kumpulan manusia yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaanya dan saling berinteraksi dan memiliki tujuan yang sama. Maka dari semua itu menimbulkan kelompok-kelompok sosial/social group, sehingga untuk terbentuknya suatu kelompok tersebut diperlukannya beberapa persyaratan, yaitu:

  • Adanya kesadaran sebagai dari suatu kelompok.
  • Memiliki suatu struktur,kaidah serta pola perilaku yang sama.
  • Mempunyai norma-norma yang mengatur hubungan di antara anggotanya.
  • Mempunyai kepentingan bersama.
  • Adanya interaksi dan komunikasi diantara anggotanya.


B. Jenis Kelompok
  • Kelompok formal
Pada kelompok ini ditandai dengan adanya peraturan dan Anggaran Dasar (AD), Anggaran Rumah Tangga (ART) yang ada. Anggotanya diangkat oleh organisasi.
Contoh dari kelompok ini adalah semua perkumpulan yang memiliki AD/ART

  • Kelompok informal
Merupakan suatu kelompok yang tumbuh dari proses interaksi, daya tarik, dan kebutuhan seseorang. Keanggotaan kelompok biasanya tidak teratur dan keanggotaanya biasanya ditentukan oleh daya tarik bersama dari individu dan kelompok. Kelompok ini terjadi pembagian tugas yang jelas tapi bersifat informal dan hanya berdasarkan kekeluargaan dan simpati.
Contoh dari kelompok ini adalah kelompok arisan.

C. Pengalaman
Saya memiliki pengalaman berorganisasi pada saat waktu bersekolah di tingkat menengah atas. Pada saat itu saya bergabung dalam organisasi kerohanian islam (ROHIS SMAN 109 JAKARTA) dan memeiliki jabatan sebagai bendahara, dimana didalam organisasi tersebut memiliki struktur dan aturan yang menyangkut setiap anggotanya.
Setiap anggota yang bergabung memiliki kesadaran akan peran dan aturan yang ada di dalam organisasi tersebut. Organisasi kerohanian Islam ini memiliki struktur dari ketua yang memiliki fungsi yang sangat besar hingga anggota biasa yang tergabung di dalamnya.
Pada setiap perayaan hari besar islam, organisai kami selalu mengadakan kegiatan berdasarkan momentum tersebut. Contohnya, Maulid Nabi Muhammad saw dan peryaan Isra’ Mi’raj.

D. Hambatan
Dalam berorganisasi banyak sekali hambatan yang melemahkan dan menguatkan organisasi kami. Tapi dengan adanya rasa sadar pada setiap anggota membuat semua hambatan kami lewati dengan mudah.
Hambatan yang dapat melemahkan dapat berupa rasa malas pada diri setiap anggota organisasi. Hal ini juga terjadi pada saya dan dapat mengakibatkan kurang kondusifnya dalam melaksanakan setiap program kerja yang ada sehingga tujuan dari organisasi menjadi kabur dari target yang telah di tetapkan.
Hambatan yang dapat menguatkan organisasi kami adalah identitas yang dimiliki seluruh anggota organisasi sehingga membuat kami benar-benar terjun dalam dunia yang lebih luas. Seperti saya yang menganggarkan dana dalam setiap acara yang akan dibuat membuat saya semakin mampu untuk melakukan manajemen dana yang tersedia agar dana tersebut dapat digunakan oleh setiap bagian yang memerlukan dana.

E. Solusi
Solusi yang ada dalam setiap hambatan adalah pemberian motivasi yang dilakukan secara internal dan eksternal oleh organisai.  Seseorang yang dikatakan sebagai leader dalam suatu organisasi memiliki peran penting dalam membentuk pola pikir dan semangat jiwa setiap anggota organisasi.
Hal ini dapat di contohkan, bahwa seorang ketua ROHIS kami dapat memotivasi dan membangun semangat anggota-anggotanya, hal ini terbukti bahwa rekan kami menjadi juara di ajang perlombaan marawis dan nasyid.
Secara eksternal motivasi ini telah ada pada program kerja yang telah dibuat yaitu dengan mengadakan training motivasi yang dihadiri oleh trainer yang memiliki kualitas.

F. Pemecahan
Dalam berorganisasi, perlu disadari peran dan kewajiban yang dimiliki oleh setiap anggota.  Hubungan dalam setiap anggota menciptakan komunikasi yang baik, sehingga setiap anggota dapat memahami aturan yang berlaku dan sanksi yang akan didapat bila terbukti melanggar aturan tersebut. Hal ini dilakukan agar tujuan atau kepentingan bersama dapat dicapai dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar